Selasa, 01 Desember 2009

Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Deras



BERITAJAKARTA.COM — 26-11-2009 18:40
Masyarakat Jakarta dan sekitarnya diminta meningkatkan kewaspadaan dalam beraktivitas. Sebab Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, wilayah Jabodetabek akan diguyur hujan deras satu hingga tiga hari ke depan.

Kasubit Informasi dan Meteorologi BMKG, Harry Tirto Djatmiko, mengatakan beberapa hari ke depan hujan dengan intensitas ringan dan sedang akan mewarnai kondisi cuaca di Jabodetabek. Bahkan, kondisi curah hujan itu berbeda dengan waktu sebelumnya yang disertai angin kencang.

“Memang, saat ini sudah mulai masuk musim hujan. Jadi, tidak disertai angin seperti sebelumnya, hanya saja petir masih tetap ada. Sedangkan waktu turun hujan bisa terjadi kapan saja," jelas Harry, Kamis (26/11). Sedangkan untuk wilayah Jakarta yang berpotensi mengalami hujan lebat, tambah Harry, terjadi di Jakarta bagian utara, timur, dan selatan.
 
Sementara itu, jajaran Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (Satkorlak PBP), menyatakan siap mengantisipasi apa yang diprediksi oleh BMKG. Bahkan, setiap pelaksana tugas di masing-masing unit telah disiapsiagakan untuk mengatasi persoalan akibat genangan dan banjir bila terjadi hujan deras.

Begitu pun dengan Crisis Center DKI Jakarta. Manajer Crisis Center DKI Jakarta, Sarpu, menyatakan berbagai persiapan dan kesiapan anggota telah dilaksanakan. Sehingga apabila terjadi hujan deras, petugas Satpol PP, Polisi, dan Dinas Perhubungan, siap di lapangan untuk mengurai kemacetan akibat genangan. “Genangan air akan ditangani oleh petugas Dinas PU dan persoalan sampah oleh Dinas Kebersihan. Begitu pula jika ada pohon tumbang, akan langsung ditangani Dinas Pertamanan dan Pemakaman," ungkapnya.

Koordinasi pelaksanaan tugas itu, sambung Sarpu, didukung dengan pemantauan situasi dan kondisi lapangan secara langsung. Seluruh petugas di Crisis Center akan mendapatkan data dari petugas melalui pantauan radio. “Termasuk lewat CCTV yang ada di Crisis Center," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar