Selasa, 26 Juli 2011

Kerja Bakti

Cempaka Baru, 24 July 2011
Tradisi bergotong-royong yang tergambar dalam kerja bakti mungkin hanya dapat ditemukan di Indonesia.
Maka dari itu, tradisi yang sudah diterapkan sejak nenek moyang kita itu selalu menjadi elemen penting dalam pembangunan serta menjadi salah satu hal yang bisa dibanggakan di negeri ini.

Jika menengok seluk beluk dan faedah kerja bakti, masing-masing warga tentu memiliki cara pandang berbeda. Tapi, disadari atau tidak, seluruh lapisan masyarakat setuju jika kerja bakti bisa merekatkan komunitas warga yang majemuk.


Untuk warga RT.012/09 Kel. Cempaka Baru, mereka masih mempercayai bahwa kerja bakti memiliki arti ganda. Selain untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada, dengan sikap gotong-royong warga juga bisa saling bertatap muka, bertukar pikiran, hingga bercanda tawa.

Sebab, kerja bakti tidak mengkotak-kotakkan etnis, umur, agama, dan suku. Semua bersatu padu dan menggabungkan diri untuk bergotong-royong, baik untuk meringankan beban salah satu saudara mereka di kampung itu, atau untuk membangun salah satu sarana umum, seperti membersihkan jalan atau selokan. Antusias warga untuk mengikuti kerja bakti masih tinggi.

Hal itu perlu disyukuri, mengingat di tengah fenomena masyarakat yang cenderung individualistik seperti sekarang ini mereka masih bersedia menyisihkan waktu untuk kepentingan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar