Selasa, 16 Januari 2007

Jadi Ketua RT. Mau?

Januari 2007
BUKAN YANG TERBAIK, TAPI YANG BERSEDIA.

pemilihan ketua rt

Saya pakai baju batik lengan pendek. Saya merasa necis. Maklum ini jarang saya lakukan. Bahwa hasilnya, dalam istilah jadul, adalah pria simpatik, itu nasib. Saya sih lebih merasa berseragam rumah makan hidangan Nusantara, dari Sari Kuring sampai Mbah Jingkrak.

Tak soal. Itu harus saya lakukan untuk menghormati acara malam tadi: pemilihan ketua RT. Setiap pasangan hadir lengkap, kecuali yang duda atau janda.

Singkat kata, ketua baru RT pun terpilih, tertetapkan, dan terlantik. Pak RW kasih wejangan. Intinya: orang yang mau jadi ketua RT itu hebat karena kebanyakan orang ogah.

Haha, seleksi pemimpin pada tingkat paling lokal adalah berdasarkan kesediaan dan ridha untuk dipaksa (lalu digerundeli warga), bukan kualitas dan hasrat si kandidat. Kalau dibuka pendaftaran calon, tak ada yang mengajukan diri. Bayangkan jika ini terjadi pada pemilihan kepala daerah dan presiden.

Menjadi pengurus RT/RW berarti menambahi pekerjaan untuk diri sendiri. Beberapa bapak gemar dengan dalih, “Pulangnya aja malam, bahkan pagi; nggak layak dong kita jadi ketua RT. Entar nggak bisa melayani warga.” Sungguh dalih yang layak adopsi. :D

Kalo di hitung2 RT itu amalnya banyak lho, RT juga kerap menjadi konsumsi gunjingan warga, kalo salah dicaci maki malah dicibir orang, kalo betul nggak ada juga tuh yang peduli. Namun seorang RT tetap masih punya beban dan amanah yang secara tidak langsung bukan saja terhadap warga tapi terhadap Allah SWT yang tidak pernah bosan memberikan sinar sekalipun umatnya itu amburadul.

Bu Tetangga mengancam, kalau suaminya terpilih jadi ketua RT, dia akan pulang ke rumah orangtuanya. Bu Tetinggi bilang, kalau suaminya terpilih jadi ketua RT, dia bukanlah Bu RT. Orang lain menafsirkan, dia akan mempersilakan suaminya ambil wanita lain yang bersedia jadi Bu RT.

Bagi saya, ketua RT mestinya tidak harus pria. Kaum nyonya pun boleh dan bisa. Atas nama keadilan dan pembalasan terhadap patriarki, maka suami dari Bu RT boleh dijuluki Pak RT. Bila perlu suami dari Bu Ngatinah kita panggil Pak Ngatinah.

Baiklah, mungkin benar bahwa lembaga RT/RW (dulu RK, rukun kampung) adalah warisan fasis penjajahan Jepang. Sebagai lembaga perpanjangan birokrasi yang tak bergaji, tapi punya sisi pelayanan publik, RT/RW bisa dihapus asalkan kantor kelurahan bekerja efisien dan efektif. Dengan sistem informasi yang andal, Pak Lurah tak perlu berkilah, “Yang paling kenal warganya kan Pak RT dan Pak RW. Kami cuma meneguhkan.”

Bagaimana dengan forum warga, untuk menyelesaikan soal sampah, keamanan, sampai kebisingan?

Karena pemerintah dan negara tak ma(mp)u menangani, sementara tak semua warga perumahan sanggup membayar biro swasta untuk menyelesaikan itu semua, model partisipatoris memang tak terelakkan.

Sebetulnya sampah dan got mampet itu urusan dinas kebersihan pemda. Keamanan, itu tanggung jawab polisi. Kebisingan, itu bisa jadi urusan polisi dan giliran selanjutnya adalah lembaga peradilan. Tapi cobalah sodorkan usulan ini ke forum RT/RW apalagi Pak Lurah, bisa-bisa Anda dicibir, dicap kemaki dan tak tahu diri, “Eling Mas, sampe(y)an itu hidup di mana?”

Urusan sebagai Pak RT adalah dari mengantarkan aparat keamanan ke rumah buron pada dini hari sampai menengahi cekcok keluarga pada malam sepi. Capeeee Deeeehhhhhh.....

Rabu, 03 Januari 2007

Administrasi & Keuangan ( KAS RT )

Administrasi & Keuangan

Kepengurusan adalah kepengurusan yang dibangun dari oleh untuk dan bagi warganya. Untuk membangun kepengurusan yang kuat dibutuhkan perangkat dan system kepengurusan yang tertata dan dikelola dengan baik, efektif dan efiosien. Oleh karena itu dibutuhkan suatu Adminstrasi Kepengurusan yang baik.

Administrasi Kepengurusan adalah proses evaluasi, perencanaan dan control terhadap sumber daya pengurus yang bersifat materiil dan non-materiil, untuk mencapai tujuan – tujuan tertentu. Adminstrasi kepengurusan merupakan sebuah mekanisme untuk menjalankan / mengoperasikan kepengurusan secara efisien dan sistematis.

Administrasi kepengurusan merupakan sebuah mekanisme yang menggunakan proses demokratis dalam pengambilan keputusan. Proses yang demokratis tersebut mendorong partisipasi seluruh warga. Partisipasi seluruh warga memaksimalkan penggunaan sumber daya dengan baik, dan memastikan implementasi rencana – rencana program kerja pengurus.

Kepengurusan hanya dapat bebas dan mandiri dan dapat secara efektif mewakili kepentingan para warganya ketika mereka mampu membiayai kebutuhannya sendiri (Financial self-supporting). Atau dalam kata lain adalah biaya kepengurusan adalah dari para warganya.

Kepengurusan membuthkan pondasi keuangan yang adekuat untuk pencapaian keberhasilan yang bebas dan mandiri karena :

1. Tidak ada kepengurusan manapun yang bias benar-benar bebas dan mandiri kecuali mereka memiliki pondasi keuangan yang adekuat dan membiayai kebutuhan dan kegiatan pengurus.

2. Pondasi keuangan yang adekuat memungkinkan pengurus untuk :

- Berdiri diatas kedua kakinya sendiri dengan tegak

- Menjalankan fungsinya sebagai kepengurusan yang mandiri.

- Memberikan layanan bagi warganya sebagai hak yang harus diberikan kepada mereka selaku warga.

Sumber dana kepengurusan selain memiliki pondasi keuangan yang adekuat, hendaknya juga merupakan suatu sumber keuangan yang bersifat teratur (regular), yang artinya bahwa pengurus mengetahui uangan yang mereka miliki adalah selalu tersedia dari hari ke hari, dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun, sehingga menempatkan posisi pengurus untuk melakukan kegiatan dan merencanakan aktifitas berdasarkan anggaran yang dimiliki (activity Based-budget)

Sumber dana kepengurusan haruslah independent yang artinya berasal dari iuran warga ataupun sumbangan dari warga. Sumber dana bias saja berasal dari sumber lainnya atau bantuan tapi tetap memungkinkan kepengurusan untuk menjalankan peran dan fungsinya dengan bebas dan mandiri. Dan sumber lainnya dan bantuan itu bukanlah yang terutama dan menjadi prioritas pendapatan kepengurusan. Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi tersebut diharapkan memiliki alat kerja yang memadai, para pengurus yang handal dan berkualitas.

Kepengurusan harus mampu menjadikan bahwa pengurus adalah bagian hidup dari warga, dan ini menjadi tugas kepada para pengurus, apakah mereka mampu dan berkompeten dalam membangun ikatan yang kuat antara pengurus dan warganya. Melalui cara kerja seperti itu, kepengurusan akan tumbuh dan berkembang dengan nyata sebagai kepengurusan yang bebas dan mandiri

Selasa, 02 Januari 2007

Masa Bakti Pengurus RT

Masa bakti Ketua dan Wakil Ketua RT adalah 3 (tiga) tahun terhitung sejak tanggal pengesahan Camat dan hanya dapat dicalonkan kembali untuk 1 (satu) kali periode berikutnya;
Setiap masa bakti berakhir atau pemberhentian atau penggantian sebelum masa bakt, Ketua RT berkewajiban memberitahukan kepada anggota tentang pemberhentian atau penggantian pengurus dan melaporkan kepada Lurah;
Ketua RT menyusun laporan selama masa baktinya dengan memuat potensi RT, program kerja yang sudah dan yang belum selesai, keuangan, harta kekayaan serta permasalahan yang dihadapi.

Struktur Organisasi Pengurus

Struktur Organisasi Pengurus RT 012 / RW 09
Kel. Cempaka Baru Kec. Kemayoran Jakarta Pusat
Periode 2006 - 2009

Ketua RT
Dudy Irawan, ST

Sekretaris
Fadjar Setyanto, SE

Bendahara
Suyatmi, Spd


Seksi Sosial & Umum

1. Tugiman
2. Heru Febrianto
3. Setyono
4. Lestari Nur Aini

Tugas dan Fungsi Sosial dan Umum RT

Seksi
Sosial dan Umum
A. Mempunyai tugas :

melaksanakan kegiatan untuk membantu usaha-usaha pembinaan pendidikan dan keagamaan serta bidang kesejhteraan sosial termasuk mengkoordinasikan bantuan sosial, kematian maupun kecelakaan;
melaksanakan kegiatan untuk membantu usaha-usaha pembinaan atau pelestarian kesenian, kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat serta pembinaan olahraga dan kepramukaan;
melaksanakan kegiatan untuk membantu melaksanakan program bantuan sosial dan usaha-usaha untuk meningkatkan kegiatan dan ketrampilan pemuda atau generasi muda;
melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan dan memelihara perkumpulan sosial di kelurahan;
melaksanakan kegiatan untuk membantu program pemerintah dalam bidang penanggulangan kenakalan remaja dan mengarahkan, membimbing serta membina pemuda putus sekolah;
melaksanakan tugas lain yang diberika oleh Ketua maupun Wakil Ketua yang berkaitan langsung dengan tugas seksi sosial budaya dan pemuda.

B. Mempunyai fungsi :
penyusunan rencana pembangunan sesuai dengan bidangnya;
penyelenggaraan kegiatan pembangunan sesuai dengan rencana;
pengkoordinasian dengan seksi-seksi terwujudnya keserasian pembangunan;
pengendalian kelompok-kelompok kerja yang dibentuk berdasarkan wilayah dan jenis kegiatan;
pengawasan terhadap kegiatan masing-masing;
pelaksanaan perkembangan dan mencatat segala kegiatan dalam seksi serta mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan;
penyusunan laporan secara berkala (triwulan, semester, tahunan )
pemberian saran dan pendapat pada Ketua sesuai bidang tugasnya;
penyelenggaraan tugas tertentu yang diberikan oleh Ketua maupun Wakil Ketua.

Tugas dan Fungsi Bendahara RT

Bendahara RT
Mempunyai tugas :

Bendahara mempunyai tugas menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan RT termasuk benda-benda bergerak dan tidak bergerak;
Mempunyai fungsi :

pengelolaan, penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran keuangan RT;
penyelenggaraan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan;
pencatatan kekayaan yang dimiliki.

Tugas dan Fungsi Sekretaris RT

Sekretaris RT
Mempunyai tugas :
Sekretaris mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi dan memberikan saran-saran serta pertimbangan kepada Ketua untuk kemajuan dan perkembangan RT;


Mempunyai fungsi :
penyelenggaraan surat-menyurat, kearsipan, pendataan dan penyusunan laporan;
pelaksanaan tugas-tugas tertentu yang diberikan oleh Ketua;
pelaksanaan tugas dan fungsi Ketua apabila Ketua dan Wakil Ketua berhalangan

Tugas dan Fungsi Ketua RT

Ketua RT
mempunyai tugas :
Membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah;
Memelihara kerukunan hidup warga;
Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat
mempunyai fungsi :
pengkoordinasian antar warga;
pelaksanaan dalam menjembatani hubungan antar sesama dan antar masyarakat dengan Pemerintah Daerah;
penanganan masalah-masalah kemasyarakatan yang dihadapi warga;

Tata Kerja Pengurus RT

Dalam melaksanakan tugasnya, para pengurus RT mengutamakan asas musyawarah untuk mufakat;
Ketua RT bertanggungjawab kepada masyarakat dilingkungan RT melalui laporan kegiatan dalam rapat musyawarah;
Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Seksi bertanggungjawab kepada Ketua

Hak dan Kewajiban Pengurus RT

Pengurus RT berhak menyampaikan saran-saran dan pertimbangan kepada pengurus RW mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kelancaran pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
Pengurus RT mempunyai kewajiban :
melaksanakan tugas dan fungsi RT;
melaksanakan keputusan anggota;
membina kerukunan;
membuat laporan mengenai kegiatan organisasi paling sedikit 6 (enam) bulan sekali;
melaporkan hal-hal yang terjadi dalam masyarakat yang dianggap perlu mendapatkan penyelesaian oleh Pemerintah Daerah kepada Lurah;
melaporkan data penduduk tiap 1 (satu) bulan sekali kepada Lurah melalui Ketua RW.

Tata cara Pemilihan Ketua RT

Tata Cara Pemilihan Ketua RT dan Wakil Ketua RT
(1) Tata Cara Pemilihan :

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua RT dilaksanakan oleh suatu Panitia yang dibentuk oleh Lurah dengan Keputusan Camat berdasarkan usulan dari para Kepala Keluarga di lingkungan RT setempat yang terdiri dari :
Ketua;
Wakil Ketua;
Sekretaris;
Beberapa anggota yang ditentukan oleh Ketua bila dipandang perlu dengan ketentuan sebanyak-banyaknya 3 (tiga) orang.
Panitia pemilihan Ketua dan Wakil Ketua RT tidak dapat dicalonkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua RT.
(2) Tugas dan Wewenang Panitia Pemilihan :

mencari dan mengumpulkan nama calon Ketua dan Wakil Ketua RT berdasarkan usulan dari para Kepala Keluarga di lingkungan RT setempat;
memeriksa dan meneliti nama-nama dan persyaratan calon dalam surat pencalonan dan surat suara pemilihan;
menyelenggarakan pemilihan dengan mengutamakan musyawarah untuk mufakat ;
mengumpulkan surat-surat suara dan mengumpulkan nama calon yang telah dipilih dengan suara terbanyak;
mengawasi dan menjamin pelaksanaan pemilihan secara tertib, bebas dan rahasia;
melaporkan berita acara hasil pemilihan kepada Camat melalui Lurah untuk mendapatkan pengesahan;
(3) Pelaksanaan Pemilihan :

Ketua dan Wakil Ketua RT dipilih oleh para Kepala Keluarga setempat dalam suatu pemilihan yang dihadiri sedikitnya 2/3 (dua pertiga) Kepala keluarga di lingkungan RT setempat;
dalam pelaksanaan pemilihan, Ketua RT yang terpilih berdasarkan urutan suara terbanyak pertama dan Wakil Ketua RT berdasarkan urutan suara terbanyak kedua, kecuali jika suara berjumlah sama, maka penentuan Ketua dan Wakil Ketua RT ditentukan oleh panitia pemilihan dengan memperhatikan pendidikan, kewibawaan, pengalaman hidup bermasyarakat dan lama tinggal sebagai penduduk setempat;
apabila dalam suatu pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua RT, tidak dihadiri sedikitnya 2/3 (dua pertiga) jumlah Kepala Keluarga sebagaimana dimaksud pada huruf a, maka atas dasar pertimbangan panitia pemilihan dengan pemuka masyarakat dan Lurah, waktu pelaksanaan pemilihan dapat ditunda paling lama 15 (lima belas) hari kemudian dan selanjutnya diadakan pelaksanaan pemilihan walaupun jumlah yang hadir tidak mencapai jumlah sedikitnya 2/3 (dua pertiga) Kepala Keluarga di lingkungan RT setempat;
Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, Wakil Bendahara dan Seksi dipilih oleh Ketua dan Wakil Ketua RT;
Hasil pemilihan Ketua dan Wakil Ketua RT diajukan panitia pemilihan kepada Lurah guna diteruskan pada Camat untuk mendapatkan pengesahan dengan keputusan Camat;
Ketua dan Wakil Ketua dikukuhkan dan dilantik oleh Camat atas nama Kepala Daerah.

Senin, 01 Januari 2007

SELAMAT DATANG

Selamat Datang kami ucapkan kepada Warga / rekan-rekan yang telah membuka website / Media Informasi RT.012 RW.09 Kel. Cempaka Baru ini, semoga bermanfaat bagi anda dan kita semua. Apabila ada masukan kritik dan saran silahkan memposting di blog ini. terima kasih